logo alhijaz umroh

Jika Haji Khusus Menjadi Pilihan Anda

biaya haji khusus maktour

Biaya haji khusus maktour tentu akan beragam. Hal ini tentu sesuai paket yang ditawarkan. Anda dapat menghubungi agen perjalanan haji khusus maktour setempat untuk memastikan harga yang mereka tawarkan sesuai jenis paket haji yang anda inginkan tentunya. Kisaran dana sebesar 95 juta – 250 juta dengan fasilitas tersendiri yang berbeda. Anda hanya menghabiskan masa 14 hari saja di tanah suci. 

Tentunya fasilitas seperti maktab akan berbeda. Biasanya maktab akan menampung 2000-3000 jamaah haji reguler. Namun pada paket haji khusus dengan biaya yang lebih mahal maka fasilitas yang akan anda dapatkan di maktab yang hanya ditempati oleh 2000 hingga 2200 jamaah saja. Hal ini memberikan kenyaman lebih dan tersendiri bagi jamaah haji khusus karena maktab yang lebih lenggang dari haji regular.

Secara terperinci mari kita lihat beberapa jenis haji:

  1. Haji regular

Biaya haji regular tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya haji khusus maktour. Hal ini karena fasilitas dan masa tunggu haji khusus yang tidak selama haji regular. Pemberangkatan jamaah haji regular dilakukan berdasarkan jumlah penduduk yang muslim dalam satu kabupaten. Maka ini membuat antrian haji regular dari satu kabupaten, berbeda dengan kabupaten lainnya.

Sebelum berangkat, jamaah haji reguler mendapatkan bimbingan manasik haji. Juga mereka akan masuk asrama untuk mendapatkan hal-hal yang tidak boleh mereka bawa atau mereka lakukan selama ditanah suci. Menu makanan dan hotel juga akan berbeda. Tentu saja disesuaikan dengan harga paket haji yang diambil. 

2. Haji khusus

Adanya perubahan dalam tuntutan masyarakat yang menginginkan pelayanan yang lebih baik dalam hal ibadah haji, maka pemerintah mengadakan program haji khusus bagi mereka yang menginkan pelayan khusus dan lebih nyaman dalam beribadah haji. Biasanya permintaan haji khusus datang dari kalangan mereka yang ingin berhemat waktu pelaksanaan ibadah haji. Karena puncaknya ibadah haji itu sendiri hanya 5 hari. Jika anda memilih ibadah haji dengan paket 21 hari maka itu akan lebih murah dibandingkan paket 14 hari.

Agar rukun haji dan umrah dapat dilakukan dengan benar maka manasik haji reguler dilakukan di kantor-kantor kemenag, yang berbeda dengan haji khusus yang dilakukan di hotel-hotel. Juga sebelum keberangkatan jika haji reguler jamaah akan ditempatkan di asrama haji, maka jamaah haji khusus akan menetap di hotel-hotel. Dalam hal menu, jamaah haji khusus akan mendapatkan menu yang berbeda dan lebih menarik. Serta hotel berbincang yang berada dekat dengan masjidil haram atau terkadang letak hotel memang di depan masjidil haram dan masjid nabawi. Begitu pula dengan tenda yang digunakan saat istirahat pada jam-jam wukuf juga merupakan tenda dengan kondisi dan fasilitas yang lebih baik. 

3. Haji Khusus namun Non-Kuota

Jamaah haji non kuota ini biasanya berangkat dengan dikoordinir oleh kelompok tertentu ataupun secara pribadi. Mereka tentu mengeluarkan biaya dengan lebih murah. Mereka memanfaatkan keluarga yang berada di tanah suci, perdagangan dan lainnya. Jamaah haji khusus non kuota ini mengandalkan visa yang dikeluarkan KBSA dengan jumlah yang sama dengan haji khusus kuota. 

Demikian ulasan kita kali ini. Anda dapat menentukan sesuai kemampuan apakah akan memilih haji dengan paket biaya haji khusus maktour atau yang lainnya.

About the Author

Leave a Reply

*

error: Content is protected !!
WhatsApp chat