logo alhijaz umroh

Agar Umroh Sesuai Sunnah, Inilah Tipsnya

ibadah umroh sesuai sunnah

Ibadah umroh sesuai sunnah saat ini menjadi favorit bagi kalangan umat muslim, Terlebih saat ini perjalanan umroh begitu mudah dilakukan dan dengan biaya yang semakin kompetitif. Calon jamaah berlomba-lomba membuka tabungan di bank syari’ah agar kelak juga dapat menjadi salah satu dalam rombongan yang dapat menunaikan ibadah umroh di tanah  suci.

Namun terkadang sebagian orang salah dalam memilih travel penyelenggara ibadah umroh. Beberapa travel tidak menerapkan syariat umrah yang sesuai sunnah. Sehingga jamaah juga akan menjalankan ibadah yang tidak sesuai sunnah. Sementara setiap ibadah yang tidak sesuai sunnah maka amalan tersebut akan bertolak dihadapkan Allah Azzawajalla. 

Disamping pelayanan segala kebutuhan selama ibadah umroh dapat terpenuhi dengan baik maka sayang sekali bukan jika biaya besar yang sudah dikeluarkan namun tidak mendapat nilai dihadapan Allah Azzawajalla. Maka beberapa tips dibawah ini semoga saja dapat menjadi salah satu masukan bagi anda dalam memastikan travel perjalanan umroh yang sesuai sunnah:

  1. Agen perjalanan yang sah

Anda harus dapat memastikan jika travel umroh yang anda pilih adalah agen  travel yang menerapkan ibadah umroh sesuai sunnah, legal dan resmi mendapat izin dari kementrian agama. Hal ini dapat dilihat dari sirkulasi pemberangkatan jamaah umroh yang dilakukan agen perjalanan umroh tersebut. Dengan mengetahui jam tayang travel tersebut juga hal bagus tentunya dalam memastikan keabsahan sebuah travel. Karena semakin lama sebuah travel umroh menjalankan bisnis mereka, maka akan semakin baik. Karena itu pertanda travel umroh tersebut masih dipercaya oleh masyarakat. Juga dapat dilihat dari anime masyarakat dalam menentukan keberangkatan umroh menggunakan agen travel tersebut. perihal lamanya eksistensi sebuah agen perjalanan umroh dapat dilihat dari tanggal berdirinya travel umroh tersebut.

2. Bandingkan dengan ilmu sunnah anda

Anda dapat mencari tahu seperti apakah umroh yang sesuai dengan yang disunnahkan oleh syairi’at. Dapat anda pelajari dari buku terbitan sunnah apakah tahapan ibadah umroh yang akan dilakukan sesuai dengan yang anda ketahui. 

Namun jika ini sedikit menyulitkan bagi anda maka jika anda mendapati salah satu ustadz sunnah menjadi pemandu umroh dalam travel yang anda pilih, maka itu sudah sangat tepat. Karena nantinya pasti tahapan umroh yang dilakukan akan sesuai dengan yang disyari’atkan.

3. Jangan tergiur harga murah

Kita semua pasti tau dan mendengar kejadian akan sebuah travel umroh yang menggelapkan uang jamaahnya. Sebagian besar calon jamaah tersebut tergiur dengan murahnya harga yang ditawarkan oleh agen perjalanan tersebut. Namun disayangkan niat suci berujung masalah. Sebaiknya anda dapat menimbang apakah harga yang ditawarkan sebuah agen perjalanan masuk diakal. Apakah harga tersebut sudah sesuai adanya. Karena jika terlalu murah harga yang ditawarkan dan tidak masuk diakal maka bisa jadi ada indikasi tidak baik.

Jika harga terlalu murah juga bisa jadi nantinya saat sedang menjalankan ibadah umroh, anda akan terganggu dengan fasilitas yang diberikan. Seperti menu yang tidak sesuai atau terbatas. Juga penginapan yang terlalu jauh sehingga menyulitkan anda dan rombongan untuk bisa fokus beribadah selama di tanah suci.

Demikian ulasan kita semoga niat menunaikan ibadah sebagai rukun haji dan umroh anda dapat berjalan sesuai sunnah. Dan harapan anda agar dapat menjalankan ibadah umroh sesuai sunnah dapat terpenuhi. 

About the Author

Leave a Reply

*

error: Content is protected !!
WhatsApp chat