logo alhijaz umroh

Cara Mengetahui Biro Haji Dan Umroh Yang Terdaftar Di Depag

biro haji dan umroh yang terdaftar di depag

Pelaksanaan rukun haji dan umroh merupakan salah satu perintah dalam rukun Islam, bagi yang mampu melaksanakannya. Mengunjungi rumah Allah di tanah haram mekah dan madinah merupakan cita-cita setiap muslim. Namun tentu saja perjalanan ini tentu saja membutuhkan pendamping, agar proses dan pelaksanaannya bisa berjalan lancar, tanpa halangan. Dalam mencari pendamping ini, biasanya dilakukan melalui agen travel ataupun biro haji dan umroh. Namun satu hal yang harus selalu diingat adalah bahwa pilihlah biro haji dan umroh yang terdaftar di depag. Tentu saja ada banyak biro haji dan umroh di luar sana yang menawarkan jasanya bagi para calon jamaah. Namun, kredibilitas dan profesionalitas adalah hal yang harus didahulukan, sebelum memilih biro haji dan umroh yang akan digunakan.

Mengapa harus menggunakan biro haji dan umroh yang terdaftar di depag?

Biro penyelenggara haji dan umroh bisa dianalogikan sama dengan agen perjalanan untuk liburan. Bayangkan bagaimana seandainya jika pengurusan dokumen perjalanan dan semua perlengkapan yang dibutuhkan selama liburan, diserahkan kepada biro abal-abal? Ujung-ujungnya adalah kerugian, yang disebabkan karena menghilangnya uang bayaran, namun belum mendapatkan urutan keberangkatan juga. Atau bisa saja penipuan yang dilakukan ketika kita sudah sampai di mekah, namun nyatanya akomodasi dan transportasi ternyata tak diuruskan dan disiapkan sama sekali. Karena itulah pentingnya memastikan bahwa biro yang digunakan adalah biro haji dan umroh yang terdaftar di depag. Ini untuk menghindari kerugian dan penipuan yang mungkin saja dilakukan oleh biro haji dan umroh abal-abal

Lalu bagaimana cara mengecek validitas dan kredibilitas biro haji dan umroh yang terdaftar di depag?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan, salah satunya adalah melalui aplikasi dari kementerian agama, yang telah terdaftar resmi di os android. Langkah pertama adalah dengan membuka playstore dan memasukkan kata kunci umrah cerdas, atau bisa juga dengan kata kunci izin haji. Jika sudah dilakukan, maka nantinya akan keluar deretan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek kredibilitas biro atau agen perjalanan umroh dan haji. Namun, pilihlah yang hanya berasal dari Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh. Jangan pilih aplikasi dengan penyelenggara lain.

Setelah berhasil diunduh, maka tahapan selanjutnya adalah buka aplikasi tersebut, lalu pilih menu penyelenggara. Pada menu ini, nantinya tinggal dituliskan atau diisikan nama biro haji dan umroh yang terdaftar di depag yang ingin diketahui. Jika memang biru tersebut benar sudah mendapatkan izin dari depag, maka harusnya namanya muncul dan bisa diakses.

Ketika sudah bisa menemukan nama biro atau agen perjalanan haji dan umroh yang dimaksudkan, maka selanjutnya tinggal klik, dan akan terlihat data yang detail mengenai biro tersebut. Termasuk mengenai SK dan izin berlaku dari depag, dan sekaligus lokasi atau kantor resmi dari biro haji dan umroh yang terdaftar di depag tersebut.

About the Author

Leave a Reply

*

error: Content is protected !!
WhatsApp chat