logo alhijaz umroh

Mengapa Harus Mengikuti Bimbingan Manasik Haji Dan Umroh? Ini Dia Alasannya.

bimbingan manasik haji dan umroh

Merencanakan perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh tentu saja harus mempersiapkan banyak hal, dengan detail. Mengetahui perkara rukun haji dan umroh bertujuan untuk membantu meningkatkan kekhusyukan ketika melaksanakan ibadah nanti di kota Mekah. Dalam mempelajari mengenai rukun haji maupun umroh ini, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti manasik haji dan umroh. Berikut ini adalah beberapa alasan mengenai pentingnya mengikuti bimbingan manasik haji dan umroh.

Apa itu manasik haji dan umroh?

Manasik haji dan umroh bisa dibahasakan sebagai miniature pelaksanaan haji dan umroh. Dalam kegiatan ini biasanya dilengkapi dengan miniatur kabah, untuk memberikan gambaran yang sebenarnya pada para peserta. Dalam manasik haji, beberapa materi yang biasanya disampaikan adalah seputar rukun-rukun haji, lalu diikuti dengan hal-hal wajib dan ketentuan sunnah selama berhaji dan umroh. Dengan pelaksanaan manasik ini, harapannya bisa memberikan gambaran yang sesungguhnya pada para calon jamaah haji. Dengan begini, semoga di tanah haram mekah nanti, para peserta bisa lebih cepat beradaptasi, dan menyesuaikan diri dengan kegiatan-kegiatan haji dan umroh yang dilakukan.

Membantu dalam mengenalkan seluk beluk ibadah haji dan umroh

Dalam rangka membantu calon jamaah haji dan umroh dalam menyesuaikan diri, dan mengenal lingkungan di tanah mekah, pada kegiatan bimbingan manasik haji dan umroh mereka akan diperkenalkan dari awal mengenai doa-doa yang harus dilafadzkan ketika melaksanakan ibadah nanti. Dengan beragamnya doa-doa ini, biasanya akan sekaligus dipandu beserta kapan dan dimana waktu pelafalannya. Dengan begini, calon jamaah haji dan umroh diharapkan tidak akan mengalami kebingungan, ketika nanti sudah sampai dan melaksanakan ibadahnya.

Mengetahui rukun, hal wajib dan hal sunnah dalam haji dan umroh

Pelaksanaan ibadah haji dan umroh merupakan sebuah rezeki, sekaligus amanah, yang harus ditunaikan dengan maksimal dan sebaik-baiknya. Karena itu melalui kegiatan manasik haji dan umroh ini, para peserta akan dibimbing dan diberikan pengetahuan serta informasi yang lengkap, terkait dengan seluruh pelaksanaan ibadah haji dan umroh. Harapannya adalah para peserta bisa lebih khusyuk dan meresapi kegiatan ibadah yang akan dilakukan. Memperkenalkan setiap makna dalam rukun, hal wajib dan hal sunnah dalam berhaji dan umroh akan semakin mendekatkan para calon jamaah dengan ibadah itu sendiri.

Beradaptasi pada lingkungan

Kota Mekah, maupun madinah, tentu saja memiliki situasi dan kondisi yang begitu berbeda dengan daerah asal para calon jamaah haji dan umroh, di Indonesia. Pelaksanaan ibadah haji dan umroh bertujuan untuk memberikan gambaran sejelas dan sedetail mungkin pada para jamaah, mengenai perbedaan apa saja yang mungkin akan ditemui lainnya. Gambaran ini sekaligus akan membantu para calon jamaah untuk lebih siap secara batin maupun fisik, untuk menyambut keberangkatannya dalam berhaji dan umroh.

Itulah beberapa hal mengenai pentingnya mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji dan umroh bagi para calon jamaah. Semoga bermanfaat.

About the Author

Leave a Reply

*

error: Content is protected !!
WhatsApp chat