logo alhijaz umroh

Cara Melaksanakan Haji dan Umroh Dengan Benar

cara melaksanakan haji dan umroh

Haji dan umroh memang kedua ibadah yang berbeda, namun memiliki tempat pelaksanaan yang sama yaitu sama-sama di kota Makkah. Nah, yang menjadi perbedaan haji dan umroh tentu terlihat dari hukumnya, dimana untuk ibadah haji wajib untuk dikerjakan minimal 1 kali dalam seumur hidup karena ibadah haji ini termasuk salah satu rukun Islam yang ke 5 sedangkan untuk ibadah umroh hukumnya adalah sunnah sehingga bisa dilakukan sesuai yang Anda inginkan dan pastinya mampu. Nah, bagaimana  dengan cara melaksanakan haji dan umroh dengan benar? Apakah keduanya memiliki tata cara yang berbeda pula? Mengenai hal ini bisa langsung Anda lihat seperti dibawah ini.

Pengertian Haji dan Umroh

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara melaksanakan haji dan umroh dengan benar maka Anda harus bisa mengetahui terlebih dahulu apa pengertian sebenarnya dari haji dan umroh sehingga Anda bisa membedakan kedua ibadah tersebut. Dimana untuk ibadah haji merupakan ibadah dengan melaksanakan amal ibadah tertentu dan pastinya sesuai dengan syarat, rukun dan juga ketentuan yang telah ditetapkan oleh Syara’. Selain itu, untuk waktu pelaksanaan ibadah haji yaitu pada bulan Dzulhijjah dan biasanya akan dilakukan setiap setahun sekali.

Sedangkan untuk ibadah umroh merupakan ibadah yang dilakukan di tanah suci dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga harus memenuhi syarat tertentu, yang mana yang telah ditetapkan langsung oleh Syara’ dan untuk waktu ibadah umroh ini bisa dilakukan kapan saja serta tentu hal ini yang menjadi perbedaan dari ibadah haji.

Cara Melaksanakan Haji Dengan Benar

Untuk melaksanakan haji pada hukumnya tentu harus bisa sesuai dengan ketentuan dan ketetapan Syara’, yang mana ibadah haji akan dilakukan pada bulan Zulhijjah tepatnya antara tanggal 1 Syawal sampai pada tanggal 13 Dzulhijjah. Hal seperti ini tentu sangat berbeda dengan jadwal pelaksanaan ibadah umroh, yang mana umroh dapat dilakukan kapan saja sesuai yang telah ditetapkan oleh pihak travel. Sebagai informasi yang bermanfaat untuk Anda mengenai cara melaksanakan haji dengan benar maka disini Anda bisa melihatnya dengan jelas seperti berikut:

  1. Pertama melakukan ihram
  2. Niat
  3. Thawaf
  4. Sai
  5. Tahallul
  6. Wukuf di Arafah
  7. Mabiit di Muzdalifah 
  8. Melempar jumroh 
  9. Mabiit di Mina


Cara Melaksanakan Umroh
Untuk cara melaksanakan haji dan umroh memang berbeda, hal ini bisa dilihat disini dengan jelas. Nah, pada sebelumnya telah Anda lihat mengenai cara melaksanakan haji bukan? untuk melengkapi informasi seputar cara melaksanakan haji dan umroh maka berikutnya Anda juga bisa melihat cara melaksanakan umroh dengan benar.

  1. Melaksanakan ibadah di kota Mekkah khususnya di Masjidil Haram.
  2. Melakukan ihram.
  3. Niat
  4. Thawaf
  5. Sai
  6. Tahallul 

Jadi, itulah ada beberapa cara melaksanakan haji dan umroh dengan benar yang bisa Anda lihat seperti diatas. Semoga bermanfaat!

About the Author

Leave a Reply

*