logo alhijaz umroh

Cara Haji dan Umroh Yang Wajib Untuk Diketahui!

cara haji dan umroh

Ibadah haji dan umroh merupakan ibadah yang sangat diimpikan oleh semua umat muslim dan memiliki tempat pelaksanaannya yaitu di Makkah. Namun, untuk cara haji dan umroh ini pada dasarnya juga memiliki tata cara, jadwal dan tempat pelaksanaan yang berbeda. Untuk itu, agar lebih jelas mengenai hal ini maka Anda bisa melihatnya langsung seperti berikut ini.

Penjelasan Singkat Mengenai Tata Cara Ibadah Haji dan Umroh

Seperti yang Anda ketahui bahwa ibadah haji memang diberlakukan sistem kuota tertentu sehingga para calon jamaah haji harus bisa menunggu lama agar dapat melakukan ibadah haji ke tanah suci. Biasanya hal seperti ini membutuhkan waktu yang sangat lama bisa menjadi satu tahun, dua tahun bahkan mungkin bisa bertahun-tahun. Oleh sebab itu, membuat banyak orang lebih memilih untuk melakukan ibadah umroh terlebih dahulu sambil menunggu kuota ibadah haji. Nah, jika berbicara mengenai perbedaan haji dan umroh tentunya kedua hal ini memiliki tata cara yang berbeda pula. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengetahuinya dengan jelas bisa Anda lihat disini informasinya.

Tata Cara Ibadah Haji

Untuk cara ibadah haji dan umroh memang sedikit berbeda. Nah, untuk haji biasanya akan dilaksanakan langsung pada beberapa hari saja yaitu antara tanggal 1 Syawal hingga sampai pada tanggal 13 Dzulhijjah. Tentu hal ini memiliki perbedaan dengan jadwal pelaksanaan untuk ibadah umroh.  Tak hanya itu saja, didalam tata cara ibadah haji nantinya para jamaah diharuskan untuk mengunjungi beberapa tempat seperti Arafah, Mina dan Muzdalifah, sebab ketiga tempat ini juga termasuk kedalam rukun dan wajib haji sehingga memang harus dilakukan. 

Selain itu, ada kegiatan lainnya juga yang harus Anda ketahui dengan jelas yaitu seperti melakukan kegiatan dan melakasanakan ihram, niat, thawaf, sai, tahallul dan selanjutnya wukuf di Arafah, lalu mabiit di Muzdalifah, kemudian para jamaah juga harus melempar jumroh hingga mabit di Mina.

Tata Cara Ibadah Umroh

Berikutnya ada pula tata cara ibadah umroh yang bisa Anda lihat pula. Dimana untuk tata umroh para jamaah nantinya hanya perlu melakukan beberapa kegiatan saja dan ini berbeda dengan tata cara ibadah haji. Untuk kegiatan ibadah umroh sebagian besarnya akan dilakukan di kota Mekkah khususnya yaitu di Masjidil Haram. Tak hanya itu saja, untuk melakukan ibadah umroh ini memang dapat dilakukan kapan saja kecuali waktu-waktu yang memang dilarang. 

Selanjutnya untuk tata cara umroh ini juga tidak adanya syarit wukuf dan mabit seperti ibadah haji yang memang mengharuskan pelaksanaan tersebut. Selain itu, para jamaah umroh juga tidak perlu untuk mengunjungi  Arafah, Mina dan Muzdalifah. Jadi, didalam tata cara ibadah umroh Anda hanya akan melakukan beberapa kegiatan saja seperti ihram, niat, thawaf kemudaian sai dan tahallul. Nah, setelah selesai melakukan kegiatan Sai maka para jamaah umroh nantinya akan melakukan Tahallu yaitu dengan menggunting rambut atau mencukur rambut sampai gundul.

Inilah yang bisa Anda lihat seputar tata cara haji dan umroh yang nantinya bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

About the Author

Leave a Reply

*