logo alhijaz umroh

Pelaksanaan Haji Dan Umroh, 2 Ibadah Istimewa Yang Sarat Keutamaan

pelaksanaan haji dan umroh

Pelaksanaan haji dan umroh merupakan dua ibadah yang berbeda namun memiliki lokasi peribadahan yang sama, yakni di tanah suci. Di dalam pelaksanaannya, haji haruslah dikerjakan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dan dikerjakan secara serentak oleh seluruh umat Muslim di dunia yang melaksanakannya di tanah suci. Sedangkan umroh, Anda memiliki kebebasan waktu di dalam melaksanakannya dan tidak perlu menunggu antrian lama untuk bisa berangkat ke tanah suci.

Keutamaan Haji dan Umroh

Hadirnya Anda ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh merupakan tamu bagi Allah SWT yang akan dimuliakan keberadaannya oleh Allah SWT. Bagi sebagian umat Muslim, mengunjungi rumah Allah SWT adalah kerinduan dan cita-cita yang sangat besar untuk bisa melihat dan berada langsung serta memanjatkan doa dengan penuh kekhusyukan. 

Keutamaan Haji

  1. Jihad Fi Sabilillah

Hal ini dijelaskan oleh Aisyah Ummul Mukminin r.a dalam hadits riwayat Bukhari bahwa jihad adalah amalan yang paling afdhol. Dan jihad yang paling utama adalah haji mabrur. 

2. Menghilangkan Kefakiran dan Dosa

Sebagaimana terdapat di dalam hadits riwayat An Nasai oleh Abdullah bin Mas’ud, di mana dengan menunaikan ibadah haji dan umroh dapat menghilangkan kemiskinan dan dosa. Dan juga tidak ada pahala lainnya selain surga bagi mereka yang haji mabrur.

3. Amalan Yang Paling Afdhol

Terdapat dalam hadis riwayat Bukhari dari Abu Hurairah r.a bahwa amalan yang paling afdhol selain beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, jihad di jalan Allah SWT, dan haji yang mabrur.

Keutamaan Umroh

  1. Menghapus Dosa Diantara 2 Umroh

Penghapusan doa ini dilakukan di antara umroh yang dilaksanakan pertama dan yang kedua. 

2. Jihad Bagi Wanita dan Orang Lemah

Dengan melaksanakan umroh, maka inilah sarana jihad bagi wanita dan juga orang-orang yang lemah secara fisik.

3. 1 Kali Umroh = 2 Rakaat Sholat Di Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid yang memiliki keistimewaan. Barangsiapa yang sholat di dalamnya, maka pahala yang didapat setara dengan pahala umroh.

Waktu Haji dan Umroh

Pelaksanaan haji dan umroh memiliki waktu yang berbeda. Dimana pelaksanaan ibadah haji dilaksanakan pada bulan Zulhijah yang juga berbarengan dengan hari raya kurban atau hari raya Idul Adha. Sedangkan untuk ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan keinginan dan perencanaan Anda. Namun, jika Anda ingin merasakan ibadah umroh dengan lebih khusyuk dan tidak banyak jamaah, Anda bisa beribadah setelah ibadah haji usai.

Menggunakan Agen Travel Haji Umroh Terpercaya

Untuk bisa menjalankan haji dan umroh secara lancar, Anda akan sangat membutuhkan adanya agen haji dan umroh yang akan membantu Anda di dalam mengurus keberangkatan, pelaksanaan, hingga kepulangan Anda ke tanah air. Anda bisa menggunakan travel umroh di Jakarta untuk menjadi teman perjalanan ibadah Anda yang akan Anda berikan kepercayaan secara penuh.

Apakah Anda sudah siap untuk menjadi tamu Allah SWT yang agung? Ibadah yang membutuhkan ekstra tenaga dan materi ini tentunya harus Anda laksanakan dengan sungguh-sungguh. Sehingga pelaksanaan haji dan umroh tidak akan sia-sia setelah Anda menyelesaikannya dan kembali ke tanah air.

About the Author

Leave a Reply

*