logo alhijaz umroh

Kriteria Biro Perjalanan Haji dan Umroh Terbaik

Biro perjalanan haji dan umroh terbaik di negara Indonesia saat ini banyak dicari para calon jamaah yang berencana menjalankan umroh. Menjalankan ibadah haji dengan berkunjung ke Mekkah adalah impian bagi setiap umat Muslim yang mampu. Jika belum bisa menjalankan ibadah haji, biasanya umat Islam memilih melaksanakan umroh, karena ibadah ini bisa dikatakan sebagai haji kecil.

Adapun untuk melaksanakan ibadah umroh Anda bisa menyerahkan segala kepentingan ibadah umroh kepada biro perjalanan haji dan umroh yang semakin berkompetisi menawarkan paket ibadah umroh. Hal tersebut tentu membuat Anda semakin bingung memiliki jasa travel umroh terbaik. Mengingat banyaknya berita agen-agen perjalanan umroh yang kerap melakukan penipuan.

Memilih Travel Umroh dan Haji Terbaik

Travel umroh adalah biro penyelenggara haji dan umroh yang dapat membantu perjalanan ibadah Anda menuju tanah suci. Jasa ini juga dapat membantu mempersiapkan semua keperluan yang berkaitan dengan perjalanan umroh Anda, diantaranya mulai dari pembuatan visa, mempersiapkan perlengkapan ibadah umroh, transportasi, akomodasi, penginapan, pelayanan sampai bimbingan pelaksanaan cara haji dan umroh.

Bagi Anda yang sedang mencari biro travel yang bagus untuk umroh, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan berikut ini :

  1. Pastikan biro perjalanan umroh Anda sudah memiliki izin resmi dari Kemenag RI. Jika tidak berizin, sebaiknya hati-hati dengan travel tersebut. Jadi daripada Anda harus mengambil resiko, sebaiknya cari jasa travel yang telah berizin resmi.
  2. Travel umroh yang bagus biasanya mempunyai riwayat perjalanan atau track record yang baik. Untuk mengetahui riwayat tersebut Anda bisa melihat testimoni atau ulasan dari jamaah haji atau umroh yang sudah menggunakan jasa tersebut.
  3. Pastikan biaya yang ditawarkan jasa travel tersebut wajar dan sesuai dengan harga pasaran. Jangan tergiur dengan iming-iming harga yang terlalu murah, jika ternyata pihak tersebut adalah penipuan.
  4. Setiap biro perjalanan umroh dasarnya sudah memiliki quota visa setiap waktu keberangkatan. Jika Anda menjumpai jasa yang menjanjikan waktu keberangkatan yang harus menunggu 1-2 tahun lamanya, apapun alasannya hal tersebut tidak bisa dibenarkan mengingat umroh berbeda dengan pemberangkatan haji.

Paket Umroh Reguler 9 Hari

Salah satu paket umroh yang ditawarkan oleh jasa tour dan travel umroh ialah paket umroh 9 hari reguler. Biasanya sembari menjalankan ibadah umroh, Anda akan dibawa ke beberapa spot wisata bersejarah sekaligus berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW, berziarah ke makan para sahabat, melakukan city tour ke kota Madinah, yang didalamnya terdapat Masjid Quba, Perkebunan Kurma, Jabal Uhud, dan Masjid Qiblatain. Biasanya lokasi tempat wisata yang akan dikunjungi saat mengikuti paket tour umroh reguler ini tergantung dari ketentuan jasa travel umroh itu sendiri.

Jika ada yang bertanya tentang pelaksanaan ibadah umroh berapa hari, perjalanan umroh itu sendiri sebenarnya bervariasi, dari 9 sampai 12 hari. Biasanya tergantung dari jasa travel umroh itu sendiri yang menawarkan paket umroh serta menyesuaikan biayanya.

Pendaftaran Haji ONH Plus

Sebagai alternatif keberangkatan ibadah haji, daftar haji ONH plus atau haji Plus mempunyai perbedaan dengan ibadah haji reguler, diantaranya sebagai berikut :

  1. Keberangkatan dan kepulangan haji plus ditangani oleh jasa travel seluruhnya. Sementara untuk haji reguler sendiri, keberangkatan maupun kepulangannya ditangani Kementerian Agama, yang didampingi oleh pihak manasik haji.
  2. Untuk masa tunggu ONH plus biasanya berlangsung selama 25-27 hari, sementara haji reguler sendiri berlangsung sampai 40 hari.
  3. Untuk biaya haji Plus umumnya memerlukan biaya 3 kali lepat lebih besar dibandingkan haji reguler.
  4. Fasilitas pada haji plus lebih nyaman dan lengkap jika dibandingkan dengan haji reguler.

Diantara paket haji dan umroh yang ditawarkan oleh jasa travel umroh, Anda bisa memilih paket haji ONH plus agar keberangkatan ibadah haji Anda lebih mudah dan cepat.

Cara Cek Biro Perjalanan Haji dan Umroh Terbaik Tahun 2020

biro perjalanan haji dan umroh terbaikUntuk mengetahui daftar nama travel umroh resmi, sebenarnya tidaklah sulit. Anda cukup mengecek travel umroh yang dituju apakah sudah terdaftar resmi di Kementerian Agama atau belum. Mengingat daftar travel umroh yang sudah berizin resmi di situs Departemen Agama tidak dapat diakses kembali, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk mengeceknya, sebagai berikut :

  1. Buka ponsel android Anda dan unduh aplikasi bertuliskan “Umrah Cerdas”. Software ini merupakan aplikasi resmi yang berasal dari Ditjen penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh. Selain itu, Anda juga bisa menuliskan “Izin Umroh” di daftar pencarian Playstore perangkat Android.
  2. Setelah itu, pilih aplikasi bertuliskan “Umrah Cerdas”.
  3. Selanjutnya klik install, sesudah instalasi selesai Anda bisa membuka aplikasi tersebut langsung.
  4. Berikutnya Anda akan mendapatkan opsi “penyelenggara” yang terdapat di tampilan awal aplikasi tersebut.
  5. Sesudah itu, input nama travel haji dan umroh yang akan dicek izin resminya.
  6. Apabila akses internetnya sedang cepat, Anda akan langsung mendapatkan tampilan keterangan travel umroh tersebut, mulai dari nomor SK dan alamat jasa travel tersebut.

Dengan cara cek izin resmi biro perjalanan haji dan umroh tersebut, maka Anda akan memperoleh informasi yang benar-benar valid secara real time.

Keutamaan Haji dan Umrah

Bagi Anda yang sedang merencanakan ibadah umroh, ada beberapa keutamaan ibadah haji maupun umroh, berikut ini :

  1. Akan Dihapuskan Dari Segala Dosa

Seseorang yang sudah menunaikan ibadah umroh sekali, lalu beberapa tahun kemudian, ia kembali melakukan umroh. Maka semua dosa dari rentang umroh pertama ke berikutnya diampuni Allah Swt.

  1. Jauh Dari kemiskinan

Banyak orang kerap menunda menunaikan ibadah umroh dengan alasan  biayanya mahal. Karena alasan masih ragu atau mungkin memang belum mampu. Namun perlu Anda ketahui bahwa keutamaan dari umroh itu sendiri ialah akan dijauhkan dari kemiskinan. Ibadah umroh, tidak membuat seseorang jatuh miskin.

Dengan menjalankan ibadah umroh, justru insha Allah akan ditambahkan rezeki berlimpah dan berlipat ganda oleh Allah Swt.

  1. Janji Surga dari Allah Swt

Umroh bisa dikatakan sebagai jihadnya perempuan. Karena itulah, Allah Swt menjanjikan untuk siapapun baik perempuan maupun laki-laki yang menunaikan ibadah umroh dengan hati yang ikhlas, maka akan mendapatkan surga. Hadist shahih dari Al-Bukhari juga ikut menjelaskan bahwa ibadah umroh dapat memberikan keistimewaan kepada umat Muslim berupa surge.

  1. Membuat Hidup lebih Berkah

Jika ibadah umroh ini dijalankan secara ikhlas dan khusyu’, maka ibadah ini bisa memberikan nilai pahala serta menjadi ibadah mabrur dan diterima Allah Swt. Dengan demikian, insha Allah akan menjadikan kehidupan kita lebih baik serta penuh dengan keberkahan.

  1. Mendapatkan Ketenangan Hati

Selain mendapatkan keberkahan dalam hidup, orang yang menjalankan ibadah umroh juga akan memperoleh ketenangan dan ketenteraman hati.

Itulah keutamaan-keutamaan menjalankan ibadah umroh bagi umat Muslim yang mampu menunaikannya. Karena itu, tidak ada alasan bagi Anda yang mampu untuk tidak menunaikan ibadah haji dan umroh.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan kriteria biro perjalanan haji dan umroh terbaik. Sebaiknya teliti lagi agen perjalanan yang Anda cari untuk membantu Anda melaksanakan ibadah umroh dengan nyaman dan tenang.

About the Author

Leave a Reply

*

error: Content is protected !!
WhatsApp chat