logo alhijaz umroh

Lakukan 6 Persiapan Penting Sebelum Pergi Umroh dengan Travel Umroh yang Bagus di Jakarta

Ibadah Haji Kecil atau Umroh merupakan alternatif ibadah yang dikerjakan di tanah suci selain Ibadah Haji, agar ibadah umroh Anda lancar pilihlah travel umroh yang bagus di Jakarta. Walaupun ibadah umroh relatif singkat tak berarti persiapan sebelum umroh disepelekan. Berikut ini beberapa persiapannya. 

Tips Persiapan Sebelum Ibadah Umroh dengan Travel Umroh yang Bagus di Jakarta

1. Bekali Diri dengan Informasi Tentang Ibadah Umroh

Sebelum memutuskan menunaikan Ibadah Umroh, pelajari serta perdalam pengetahuan Anda dan informasi perihal Ibadah Umroh itu sendiri. Ketika melaksanakan ibadah akan ada persyaratan yang mesti dipenuhi dan larangan yang harus dihindari. Karenanya penting bagi Anda untuk membekali diri dengan berbagai informasi tentang tata cara ibadah umroh yang benar. 

2. Menyiapkan Semua Dokumen Penting

Dokumen adalah salah satu persyaratan penting agar dapat mendaftarkan diri Anda untuk menunaikan Ibadah Umroh. Selain paspor dan kartu identitas, visa umroh merupakan dokumen yang patut Anda miliki. Visa tersebut berfungsi sebagai izin mengunjungi negara Arab Saudi dan melaksanakan umroh. Pembuatan visa ini biasanya dibantu oleh agen yang sediakan layanan paket umroh. 

3. Persiapan Kondisi Fisik, Stamina, dan Kesehatan

Menuju ke Arab Saudi dan menjalankan ibadah di negara yang cuaca dan iklimnya cukup ekstrim daripada di Indonesia, tentu mengharuskan Anda mempunyai kondisi fisik yang sehat dan prima. Jadi, persiapkan stamina serta kesehatan tubuh Anda jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Dengan begitu kondisi fisik Anda dalam keadaan yang maksimal dan fit ketika melaksanakan ibadah Umroh.

Persiapan ini untuk membantu fisik jadi sangat baik, hal ini bisa dimulai dengan mengatur pola makan sehat, rutin olahraga, mengecek kesehatan dan istirahat yang cukup.

4. Manasik Umroh

Perbedaan haji dan umroh terlihat dari tata cara ibadah berbeda satu dan lain. Agar umroh Anda tepat dan benar, sebelum berangkat agen travel maupun rombongan ibadah akan melakukan Manasik Umroh. Di sana semua calon jamaah akan mengerjakan tiap tata cara serta urutan Ibadah Umroh yang sesuai ajaran Rasul yakni mulai dari Ihram sampai Tahallul.

5. Menyiapkan Perlengkapan selama Ibadah Umroh

Menyiapkan berbagai perlengkapan ibadah dan lainnya yang diperlukan selama berada di tanah suci untuk Ibadah Umroh. Hal yang disiapkan tak hanya kebutuhan sehari-hari misal pakaian dan obat-obatan pribadi. Perlengkapan umroh seperti Mukena, Baju Ihram, Sarung, dan lain sebagainya perlu disediakan.

6. Persiapan Ibadah Berupa Niat, Taubat, Tawakal

Persiapan rohani tak kalah penting dari persiapan lainnya sebelum umroh. Misalnya dengan meluruskan niat Ibadah Umroh dan juga taubat. Taubat di sini tak hanya melaksanakan shalat taubat, tapi juga meminta maaf pada orang-orang disekitar Anda. Dimulai dari saudara, teman, keluarga, dan lainnya. Tak lupa untuk Tawakkal. 

Persiapan ini sebaiknya Anda lakukan sebelum pergi umroh dengan travel umroh yang bagus di Jakarta. Dengan persiapan maksimal diharapkan dapat melancarkan ibadah Anda selama di tanah suci. 

About the Author

Leave a Reply

*