logo alhijaz umroh

Info Haji dan Umroh – Berapa Lama Perjalanan Umroh

berapa lama perjalanan umroh

Berapa lama perjalanan umroh? Pada dasarnya, lama perjalanan umroh cukup bervariasi namun rata-rata berlangsung selama 9 hingga 12 hari. Hal yang mempengaruhi lamanya perjalanan umroh biasanya berada pada travel yang dipilih dan akan mempengaruhi biaya perjalanan juga.

Hari Pertama

Di hari ini para peserta memulai perjalanannya. Sebelum perjalanan dimulai, tim yang mendampingi akan memberikan briefing berupa manasik umroh dan beberapa perlengkapan seperti buku panduan doa selama beribadah di Tanah Suci. Seragam penting dikenakan agar setibanya di Mekkah tidak ada jamaah yang tersesat.

Hari Kedua

Berapa lama perjalanan umroh? Kita memasuki hari kedua di mana jamaah akan dibawa ke Madinah. Para jamaah akan dibawa berkunjung ke makam Rasulullah SAW dan sahabat-sahabatnya. Setelahnya, jamaah dapat berbelanja. Madinah adalah di mana jamaah tidak melakukan banyak aktivitas.

Hari Ketiga

Hari ketiga agen travel umroh terbaik masih akan membawa jamaah berkeliling Madinah sambil menjelaskan sejarah tempat-tempat yang dilewati. Salah satu yang paling populer adalah Goa Hiro. Madinah disinggahi selama tiga hari dan selebihnya jamaah menghabiskan waktu di Mekkah.

Hari Keempat

Jamaah akan dibawa ke Mekkah yang memakan waktu sekitar 6 jam. Setibanya di Mekkah, jamaah mulai melakukan ibadah umroh yang sebenarnya. Biasanya dimulai dengan membersihkan diri.

Hari Kelima

Di hari kelima, jamaah biasanya menghabiskan untuk beribadah seperti hari keempat. Ibadah meliputi tawaf dan sai, bahkan beberapa ada yang mengelilingi Ka’bah berkali-kali. Jamaah juga akan menemukan beberapa orang yang menginap di Masjidil Haram karena saking bahagianya bisa berada di Tanah Suci.

Hari Keenam

Ibadah masih dilakukan di hari keenam. Biasanya jamaah akan berdoa di Masjidil Haram dan mengelilingi Ka’bah bersama jamaah lain dari segala penjuru dunia. Beberapa jamaah juga melakukan sai lagi di hari keenam. Kalau Anda ingin mempelajari sejara Mekkah atau mengagumi Masjidil Haram, hari keenam adalah saat yang tepat untuk melakukannya.

Hari Ketujuh

Tidak ada yang menyangka bahwa umroh sudah menginjak hari ketujuh. Menghabiskan waktu di Masjidil Haram adalah kegiatan yang disukai para jamaah. Selain melakukan sholat wajib secara berjamaah dan sholat sunnah, jamaah sangat menikmati waktu-waktu terakhirnya berada di tempat ini.

Hari Kedelapan

Ada yang disebut dengan ibadah perpisahan. Jamaah akan mengelilingi Ka’bah sambil berdoa apa saja yang mereka inginkan, biasanya harapan agar bisa kembali ke Tanah Suci secepatnya. Setelahnya, jamaah menuju bandara.

Hari Kesembilan

Hari kesembilan adalah hari di mana para jamaah tiba di rumah dan disambut oleh keluarga. Di sini juga para jamaah berpisah dengan jamaah lainnya yang sudah terasa seperti saudara dekat selama berada di Tanah Suci. Dan ini lah jawaban untuk berapa lama perjalanan umroh.

About the Author

Leave a Reply

*

error: Content is protected !!
WhatsApp chat