logo alhijaz umroh

6 Ciri Travel Haji dan Umroh Terbaik

travel haji dan umroh terbaik

Menunaikan Ibadah Haji dan Umroh adalah impian semua umat muslim di dunia, tak terkecuali bagi Anda terlepas apakah Anda mampu atau kapan dapat berkunjung ke Baitullah. Saat ini banyak travel haji dan umroh yang bertebaran baik di online maupun di kantor travel agent. Bila Anda berniat menjalankan ibadah tersebut sebaiknya pilih travel haji dan umroh terbaik serta terpercaya. 

Ciri Ciri Travel Haji dan Umroh Terbaik

Supaya Anda terhindar dari travel abal-abal atau penipuan, sebelum memilih agen travel lihat dari ciri-cirinya. Berikut ulasan ciri travel terbaik untuk menjalankan ibadah haji dan umroh, yakni:

• Resmi Terdaftar di Kementerian Agama

Semua perusahaan yang mengadakan haji dan umroh wajib mendaftarkan diri ke Kementerian Agama supaya memperoleh surat izin resmi menjalankan perjalanan umroh dan haji. Setiap 3 tahun sekali surat izin ini harus diperpanjang. Untuk mengetahui status perusahaan travel ini Anda dapat memeriksanya di website resmi Kemenag atau langsung datang ke kantor daerah Kemenag.

• Memiliki Jam Terbang yang Cukup Lama

Jam terbang pada suatu travel haji dan umroh sangat penting diketahui seberapa lama. Dari sini Anda bisa mengetahui travel tersebut memiliki pengalaman atau tidak. Sebab pengalaman mempengaruhi kualitas jasa yang diberikan. Itulah mengapa Anda mesti cari tahu kapan travel umroh itu didirikan.

• Memiliki Reputasi yang Baik

Agen travel yang terbaik pastinya tidak mempunyai rekam jejak yang buruk. Catatan masa lalu ini memperlihatkan kualitas serta tingkat kepuasan konsumen. Jadi, pilihlah travel yang benar-benar punya reputasi yang baik yakni travel yang tak pernah mendapatkan keluhan fatal dari pelanggan, atau masalah dengan pihak berwajib.

• Kantornya Jelas

Sebuah travel seharusnya memiliki kantor utama yang alamatnya dan keberadaan kantornya jelas, dapat ditelusuri dengan mudah oleh calon jemaahnya. Karena itu, bagi para calon jemaah untuk memeriksa lokasi kantor utama travel dan cek status surat perizinan badan usahanya sebelum mendaftarkan diri. Hal untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu terdapat masalah. Jadi Anda dapat mendatangi kantor pusat untuk penyelesaian masalah.

• Jadwal Keberangkatannya Jelas

Travel terbaik selalu memasukkan jadwal keberangkatan dengan jelas di situs resmi atau di kantor. Jika jadwal keberangkatannya jelas dan benar, artinya travel tersebut telah booking seat pesawat untuk para calon jemaah. Sehingga jemaah dapat berangkat sesuai jadwal yang dijanjikan. Jika travel tak bisa memberikan kepastian keberangkatan Anda, lebih baik cari travel lain.

• Memberikan Fasilitas Terbaik

Travel terpercaya dan terbaik tentu menyediakan fasilitas terbaik. Harga yang ditawarkan travel sesuai kelas fasilitas yang disediakan. Jangan langsung percaya dengan agen travel yang memberi janji tak masuk akal misal menawarkan fasilitas terbaik dengan harga tidak wajar.

Dari ciri-ciri travel haji dan umroh terbaik ini setidaknya mencegah Anda mendapat travel abal-abal. Adapun selama pelaksanaan ibadah ada perbedaan haji dan umroh dapat diatasi agen travel. 

About the Author

Leave a Reply

*